Rabu, 29 November 2017

seleksi cpns kemenkes 2017

Di malam yang syahdu ini, Surabaya , 29 November 2017, sedang mengalami musim hujan. tiap hari musim hujan, hehehe, tapi bukan itu yang mau dibahas. Yang mau dibahas adalah jeng jeng jeeeng..

Pengalaman Mendaftar CPNS Kemenkes


Kenapa aku ikut cpns 2017? Jawabannya, karena aku penasaran. Kenapa sih orang sebegitu antusiasnya ikut cpns? dan kenapa jadi cpns itu kelihatan menarik?
 kalo aku sendiri sejujurnya bisa menjawab pertanyaan retorika seperti itu, sejujurnya cpns buat aku kelihatan menarik karena ada jenjang karir dan kesempatan pengembangan diri yang lebih besar. Kalo jadi pns bisa ada rekom sekolah kan asik bangeeet.. makanya aku ikutan hahahaha


awal ikut tes cpns,  yang aku tangkap dari kemenkes adalah pengumumannya super lengkap, jelas, dan mudah sih buat dilengkapin. Beda dari kementrian lain yang upload berkas di website, kalo kemenkes kirim berkasnya via POS jadi biasanya mengurangi eror via digital gitu (atau salah klik). Nah, setelah kirim berkas via POS, ada seleksi alam pertama yaitu seleksi administrasi.
Waktu antara kirim berkas sama seleksi administrasi itu waktunya lumayan lama. Mendingan diisi dengan belajar buat CAT aja soalnya seleksi administrasi kan paling perihal kelengkapan (dan keberuntungan) saja jadi diasumsikan kita lulus. Belajarnya pas itu aku usahakan cari buku cpns sebanyak mungkin. Aku beli beberapa buku cpns tahun 2015 dan 2014 dengan harga murah di pasar loak di jalan semarang. Cuan aku beli buku disitu! karena ternyata bukunya masih dijual di gramedia dengan harga mahal..
aku juga beli buku cpns 2017 lumayan banyak, aku kerjakan soalnya sambil browsing dan baca-baca. gausah terlalu dihapal kecuali ada materi yang harus dihapal :
1. UUD 1945
2. Butir-butir pancasila
3. Tanggal sejarah penting
4. Jenis UU/Kepres/TAP MPR tertentu
5. Istilah2 penting

paling itu aja, yang lain di baca aja terus, nanti lak inget sendiri..

Seleksi administrasi diumumkan pukul 22.30 menyatakan kalau aku bisa lanjut ke skd, Alhamdulillah. Aku tanya temenku Amel dan Weni, dua-duanya juga ikut tes skd.

Saat waktu tes skd tiba (kalo ga salah tanggal Jumat, 23 Oktober 2017), malemnya, aku panas dingin, sampai-sampai malamnya aku ga praktek dan fokus tidur aja dirumah. besok nya karena tesku siang, kusempatkan makan eskrim dulu paginya biar ga setres hhaahha, lalu habis itu tidur siang. (Menurutku tidur sebelum tes itu bantu banget ngeimboost nilai aku..) 
Ditempat tes, aku banyak ketemu temen-temen kuliahku, ada banyak juga ternyata yang tertarik ikut CPNS hahaahhahaha, bukan cuman aku ama amel doang ternyata. Jadi saat itu, aku ketemu Yolan, Mimid, Mbak Titiek, Ayesha, Elda . Dihari besoknya, si  Amel tes, malah ketemu lagi ama Sari, Tia, hehehe... trus aku juga kenalan ama dokter gigi lulusan IIK dan udah lulus dari MARS UGM. wew, banyak juga yang tertarik ikut cpns. Aku udh deg degkan saat itu, apalagi pas masuk ruangan tes CAT. panas dingin, ngerjakan soal TWK malah ga paham sama sekali dan sampai 15 soal itu aku masih panas dingin. Baru pas soal TIU itu aku udh agak mendingan ga deg-degkan lagi dan mulai membaca ulang hasil pekerjaan soal TWK dengan tenang wkwkwkwk..


Btw, Makasih buat mas bangun yang udah bantuin buat aku tenang dan menyarankan aku buat istirahat yang banyak, doi juga nganterin aku tes jam 2 siang dan njemput lagi jam 5 sore. Makasih sayang.

Hasilnya, yap, aku dapat nilai skd yang lumayan :
TIU 120
TWK 120
TKP 164
Total 404
Bukan yang tertinggi secara keseluruhan, tapiiii lumayan tinggi juga.
Aku ga serta merta bangga sih nilai segitu, karena nilainya juga ga bisa menjamin banget aku masuk SKB.

Akhirnya paska tes skd itu aku fokus ke kuliah aku buat ujian proposal tesis, ternyata setelah ujian ada pengumuman tes SKB daan daku jadi nomer satu, wakakakak tak sangka banget rada absurd itu,
aku pun melewati 5 hari dengan fokus belajar. tapi sejujurnya aku ga mengelluarkan 100% kemampuan, bukan karena sombong atau gimana.. ini bukan untuk ditiru, aku ngga belajar dengan menghapal untuk skb. Harusnya dihapal sih kayak uu kesehatan gitu, itu banyak keluar dan uu praktek kedokteran. dimana notabene nya aku ga ngapalin tapi cuman baca. Trus, bedanya tes cpns skb tahun 2017 adalah, porsi soal umum sama khusus (sesuai formasi) dikuasai oleh soal-soal khusus. Jadi pelajari lebih banyak tentang jurusan kalian aja. Tes SKB soalnya ada 100 juga, dan kira-kira 70 soal itu adalah soal formasi khusus. 30 soal nya itu tentang germas, cerdik, cara cuci tangan, uu kesehatan dan praktik kedokteran.
Untuk dokter gigi , soal cpns 2017 berkisar ttg :
1. Pemilihan perawatan untuk konservasi
2. Diagnosa infeksi pulpa dan periapikal
3. Perawatan paska saluran akar
4. Indeks seperti CPITN, PI,DI, OHIS,DMFT,deft gitu gitu lah
5. IKGM kayak  planning atau tahap2 penyuluhan gitu, aku lupa, soal ukmp2dg banget lah
soal-soal umumnya berkisar ttg pasal di uu kesehatan, dan praktek kedokteran
parahnya lagi, ada soal tentang langkah cuci tangan, daaan aku lupa langkahnya. kwkkwkwkwkw ukmp2dg banget sih iniiii...
parahnya aku kurang belajr tentang gigi pas skb, dan malahan aku cumann belajar 2 jam doang tentang gigi, daaan bisa ditebak , nilaiku ga terlalu tinggi sih buat skb. jeeeng 315.
aku udah hopeless lihat nilaiku cuman 315, padahal selanjutnya ada tes eba. Tes eba ini berkisar tentang tes psikologi untuk mengetahui kepribadian kita. Tes eba ini sama sekali ga ada yg tau soalnya karena belum pernah ada yg ngerjain tes eba sebelumnya. Tambah hopeless sama tes eba, yaudah habis tes cpns itu, aku langsung depresi dan keluar dari grup kemenkes di telegram karena merasa ga akan lolos.


dan, doa ibuku ternyata mujarab, kemarin saat aku udh bobok, eeeeh ternyata ada pengumuman skb, daaaaaan jeng, jam 3 pagi saat aku buka line, katanya mamaku aku lolos cpns kemenkes.. ea ea eaaaa, g jadi sedih deh wkwkwk

semangat ya buat temen2 yang mau jadi ASN, aku juga masih ga ada bayangan sih itu ntar bakal begimane, tapi yaudah kalo keterima mungkin jalannya disini dan kudu berjuang. GANBATTE. sekian sharingnya, makasih atas doanya.

6 komentar:

  1. Mba ... klo masih inget2 tentang soal SKB kemenkes 2017 boleh sharing dong.

    BalasHapus
  2. Masya Alloh klo rejeki gak kemana ya. Mbak Indir bisa kasih tips2 tes eba? Btw ada kenalan gak yg pernah tes skb dosen kemenkes? Pengen tau tentang praktik kerjanya kayak gimana. Terima kasih

    BalasHapus
  3. Maaf maksudnya mbak Indira. Salah ketik itu

    BalasHapus
  4. Kak.. tes eba cth soalnya gmna ya?

    BalasHapus
  5. Maaf kak mau tanya, apakah ada tes kesehatan fisik kayak tes varises & ambeien? Terimakasih

    BalasHapus

Follow Us @soratemplates