Kamis, 06 Juli 2017

sunscreen dan beberapa pilihan drugstore product di Indonesia

Hari ini adalah puncak kekesalan ku dengan jerawatku yang tiap sore muncul. aku syudah bosaaan-bosaaaan dengan kulitku.

semenjak aku rajin menggunakan skin care dan apply sunscreen tanpa bolong, alhamdulillah kulit wajahku mulai cerah dan kembali ngga kusam.. ga perlu bb cream lagi.

tapi, ada satu item yang jadi penjahat jerawat di wajahku. itu adalah sunscreen.mesti setelah sore hari gitu, wajahku selalu nimbul bruntusan atau jerawat gitu, yang artinya nyebeliiin...


oke, kita akan bahas mengenai sunscreen/ sunblock (which is itu sama aja sebenernya) sedikit.

1.Physical sunscreen 

Physical sunscreen ini melindungi kulit kita dari matahari dengan cara memantulkan atau memantulkan sinar matahari. Dia bias juga disebut inorganic sunscreen. Bahan dasarnya adalah
 titanium dioxide dan zinc oxide. 
Aku pernah baca kalo physical sunscreen yang kuat itu bahannya dari zinc oxide. Kandungan bahan ini relative stabil.

Titanium dioxide dapat melindungi dari UVB tetapi tidak full spectrum untuk sinar UV A. sedangkan zinc oxide ini melindungi terhadap keduanya.

Hebatnya lagi, physical sunscreen ini melindungi kulit kita selepas kita aplikasikan, gausah nunggu-nunggu.

Ada kelebihan, ada kekurangan. Banyak yang bilang kalo physical sunscreen ini bias menimbulkan white cast atau white tint gitu, dan dia juga mudah banget hilang kalo misalnya kena keringat kayak luntur gitu, jadi harus sering-sering diaplikasikan.

2. Chemical sunscreen
Chemical sunscreen ini melindungi kulit kita dari sinar matahari dengan cara menyerap sinar matahari tersebut.  Nama lainnya yaitu organic sunscreen . Bahan-bahan dasarnya itu bias berupa :
Octylcrylene, Avobenzone, Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, 4-MBC, Mexoryl SX and XL, Tinosorb S and M, Uvinul T 150, Uvinul A Plus

Beberapa kandungan nya bersifat stabil, tetapi kebanyakan enggak. Dan sedihnya bahan-bahan ini bias bikin kulit iritasi, persis kayak yang lagi aku alami. Huft sebel. 

Dan juga kalo km aplikasikan kudu nunggu sampai dua puluh menit gitu deh sebelum km keluar rumah. 

Enaknya dari chemical sunscreen adalah km bias menggunakan sebagai base make up juga bahkan karena dia ini biasanya cepet nyerap dan ngga menimbulkan white cast.

nah, dari penjelasan diatas sudah bisa ditebak kan sunscreen apa yang bikin aku breakout. itu adalah tadaaaa.. chemical suncreen sial.

oke, aku punya beberapa drugstore produk yang aku beli akhir-akhir ini, aku akan update terus kalo aku ngga cocok lagi.
kita mulai ya
1. Sebamed suncare multi protect sun cream 50+
kategori : physical sunscreen
spf : 50+
PA : gatau, claimnya bisa memfilter 98% UV A
Ingridients :

Harga 283.000 di guardian

sumpah ya, harga produk ini tu bikin nyesek bangeet. Aku beli ini setelah aku mengalami breakout dengan keseluruhan sunscreen drugstore yang aku beli yang sifatnya chemical sunscreen. Aku udah kalut banget lihat wajahku selalu jerawatan di siang/sore hari. Puncaknya, hari ini aku pun ke guardian untuk beli sunscreen ini. aku banyak lihat review positif soal sunscreen ini makanya aku bela-belain buat beli. claimnya ini cocok buat semua jenis kulit, terutama yang very sensitif, kayak kulitku sekarang, cocok buat ibu hamil bahkan bayi juga ! dan claimny sunscreen ini bisa bertahan hingga 4 bulanan. oke berarti sebulan 50 rebu yah.. jadi makenya dikit aja guys, udah cukup

untuk tau apakah ini cocok di kulitku yang sensitif? nanti aku akan update lagi, karena aku baru aja make produk ini hari ini, nanti kalo udah agak lama aku perbaharui ya.
 Oh iya , isi produk ini 75 ml. dan masa expirednya 12 bulan setelah produknya dibuka. Walaupun ini physical sunscreen entah mengapa aturan pakainya menyuruh untuk aplikasikan 20 menit sebelum terpapar sinar matahari ? aku juga ngga tau..  produk ini claimnya punya ph 5,5 which is cocok sama ph kulit. doakaaan yaa semoga ini cocok, soalnya ini mahal huhu.
just for information, sebamed ini produk asal USA, tapi masuk drugstore product karena tersebar di guardian dan century terdekat..entah kalo di toko kosmetik kayak pengampon ada apa tidak (?)

2. Emina Sun Protection SPF 30 PA +++
Okey, no.2 dan no.3 ini adalah sunscreen versi murah dan tergolong chemical sunscreen. dan kenapa oh kenapaaa sunscreen murahan ini malah ngga cocok di akuuuuhhh .. *sebel*
kategori : chemical sunscreen
spf :30
PA :PA +++

ingridientsnya kamu bisa lihat digambar ini digedein yaaa.. hehehhe
 Di sebelah atas tube ini ada angka expirednya kapan, sebenernya kalo dari kemasan aku lumayan suka, soalnya dia ini simpel, trus bentuknya tube gitu, dan lucu aja
 Kalo dilihat dari konsistensi krimnya, ini tu warnanya putih rada kuning dikit gitu tapi kalo misalnya udah di blend ke kulit, dia itu well blend which is ngga ninggalin white cast, cepet nyerap juga, dan ga ada rasa berat sama sekali di wajah

emang kerasa sih kalo produk ini tu contain alkohol, dan juga ada aromanya yang lumayan kerasa, kayak bau semacam vanili apa coconut gitu? aku juga kurang paham

dan sebenernya, produk ini tu, dengan ukuran yang lumayan gede (lebih gede timbang wardah) cuman cost berapa hayooo?????
jeng jeng jeng .....
23.000 di online shop ! soalnya kalo di counter mesti kehabisan huuhuuhu

untuk kalian para mahasiswa dan pelajar dengan muka badak, aku merekomendasikan produk ini.. tapi kalo kalian dengan sensitive skin, wes ojok coba coba, jerawatan ntar :(

3. Skin Aqua UV Moisture Gel Spf 30
kategori : chemical sunscreen
spf :30
PA : ++

 Jujur, sbenernya aku lumayan suka sama konsistensi dan baunya skin aqua ini. dia konsistensinya cair. cepet nyerap juga di wajah dan ga ninggalin white cast sama sekali.


awalnya aku pakai ini ngga menimbulkan jerawat, tapi habis itu nimbul satu, lalu yang terakhir bruntusan lumayan banyak. akhirnya aku menyerah dan aku pensiunkan skin aqua ini

tapi untungnya dia di claim bisa buat face and body. jadi kayaknya aku bakal pakai buat body aja, mengingat dia ngga lengket kayak vaselin.

dan, aku lebih suka skin aqua timbang emina adalaah karena dia ready di store. kalian bisa dapetin di century. harganya juga ngga mahal. rasanya sekitar 50an untuk botol yang lumayan kalo menurut aku.

claimnya skin aqua adalah dia punya kandungan hyaluronic acid lebih banyak, yang katanya dapat melembapkan. yang mana sebenernya aku seneng, karena ak masih belum menemukan day cream buat kulitku.. aku takut minyakan dan malah jerawatan...

tapi oh tapi dua produk chemical sunscreen ini (ditambah wardah ama biore uv essence itu ngga cocok ama aku.. *review menyusul*) 

ngga cocok di aku belum tentu ngga cocok di kamu kan.. semoga km cocok pakai produk-produk yang murah meriah ini, ngga breakout kayak aku :( amin.

6 komentar:

  1. Gimana sis sebamed nya? Cocok ga?

    BalasHapus
  2. Wah, ternyata ga aku doang yang ga cocok sama Skin Aqua itu dan akhirnya tiap hari aku olesin ke tangan sm kaki aja deh jadinya :')

    Nice review btw, katanya Innisfree Triple Care Sunscreen itu juga bagus, dia tergolong physical sunscreen loh

    Xo,
    ayumiska.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, kamu cocok ga pakai itu? sampe sekarang belom menemukan sunscreen yang cocok nih :(

      Hapus
    2. Coba deh pake bioderma yg spf 30, kulit q juga sensitiv tp cocok g ada efek negativ,bikin kulit halus. Q jg sama kok kaya kamu g cocok pake sunscreen wardah sama skin aqua.

      Hapus
  3. coba laneige watery sunscreen deh
    aku kayak kamu juga yang ga cocok pake sunscreen chemmical..
    si laneige ini phyaical kok..
    enteng juga..
    cuma emang rada mahal.
    lebih mahal dari sebamed
    kalo mau yang lebih murah innisfree juga physical sunscreen.
    cuma aku belum coba..
    enaknya sunscreen korea gini kan biasanya ada yang jual sample size nya.
    jadi ga terlalu nyesek kalau ga cocok.

    BalasHapus

Follow Us @soratemplates