Jumat, 07 Oktober 2011

hal unik tentang suhu tubuh kita

sedikit tentang makalah faal yang sedang saya bahas, yaitu mengenai homeostasis pengaturan suhu tubuh oleh hipotalamus saya ingin berbagi.
setelah aku membaca 2 buku karangan sherwood dan si guyton, aku menemukan berbagai hal yang menarik mengenai topik yang aku bahas ini.
ternyata suhu tubuh itu dibagi menjadi dua loh kawan :D.
sering kita kira bahwa suhu tubuh itu adalah ketika kita memegang kulit kita dan merasakan dingin, atau sebaliknya !
  1. sebenarnya suhu tubuh itu dibagi jadi dua, yaitu suhu inti dan suhu kulit. jadi, suhu inti itu biasanya konstan namun tergantung juga kecuali kita demam, tetapi jika suhu kulit berubah-ubah sesuai dengan lingkungannya. Hebat bukan? aku juga baru tau. 
  2. untuk yang berbadan gemuk seperti aku kita jangan kuatir, karena sebenarnya kita mengandung lemak yang sangat berguna untuk mempertahankan suhu inti tubuh kita :D , karena lemak biasanya terdapat dibawah jaringan kulit. lemak hanya menyalurkan panas sepertiga bila dibandingkan dengan jaringan lain. jangan tanya kenapa karena dibuku tidak ada. 
  3. selain itu, baik untuk kita menggunakan pakaian yang longgar dan cerah daripada tidak menggunakan pakaian saat telanjang. karena taukah kamu? bahwa sebenarnya pakaian yang cerah dapat memantulkan panas dari lingkungan ke lingkungan kembali sehingga panas tidak langsung masuk ke tubuh kita :D asik kan?
  4. ada juga yang seru bila kamu mau tinggal di kutub utara atau setidaknya mau naik gunung yang tinggi dan dingin. pakaian sebenarnya dapat mencegah perpindahan panas dari tubuh ke lingkungan. karena pakaian menyelimuti tubuh sehingga aliran udara disekitar kulit dan lingkungan menjadi kecil dan sulit terjadinya arus konveksi. akhirnya pakaian dapat menurunkan kecepatan penghilangan panas hingga seperenam kalinya. namun, kamu dapat mengefesiensikan pakaian mu jika ingin ke daerah dingin dengan melapisinya dengan emas tipis, yang dapat memantulkan panas kembali ke tubuh membuat perangkat penyekat pakaian lebih efektif. 
namun, jangan biarkan pakaian kalian basah ya :D karena air merupakan konduktor yang baik sehingga dapat menyalurkan udara dingin ke tubuh

sekian dulu yang baru kubaca :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates