Selasa, 19 Februari 2019

Tips Berhemat dan Menabung (7 Tips Berguna)


Assalamualaikum temen-temen, sudah lama tidak menulis blog dan akhir-akhir ini sedang concern bagaimana caranya menghemat uang dan sedang dalam pencarian menemukan metode yang cocok untuk menghemat uang.
Aku jadi banyak nonton youtube tentang perencanaan keuangan dan juga tentang bagaimana orang menabung serta sampai ke bagian unboxing celengan bahkan !!! wkwkwkw
Jadi sebenernya konsep menabung itu menurutku ada beberapa tips yang harus dilakukan.
 7 TIPS BERHEMAT
1.     1.  Menurunkan standar hidup

Oke, ini maksudnya gimana? Ya selama ini kita pasti punya gaya hidup yang biasa kita jalani. Semisal, kalau yang anak kos nih, yang tadinya ngelaundry coba deh cuci bajunya sendiri. Yang tadinya makan siang di luar kalo lagi ngantor, coba deh bawa bekel dari rumah. Yang biasanya suka ngopi tiap hari pakai gofood, coba deh ngopinya kalo weekend aja, kalo weekday pakai kopi sachet. Intinya kita menurunkan standar hidup kita agar kita bisa mengurangi pengeluaran bulanan kita.


2.      2.  Mencatat pengeluaran kita sebulan di buku

Aku sudah mencoba mencatat pengeluaran di aplikasi yang banyak tersedia di play store. Tapi selalu berujung dengan kegagalan karena tidak konsisten. Padahal kalo dicatat di hp mungkin akan lebih detail ya pengeluarannya dan digunakan untuk apa saja uangnya. Karena kegagalanku, aku kembali ke cara manual saja, yaitu menulis di buku. Setiap 10 hari aku selalu membuka mutase rekening m banking ku, dan aku catat di buku, disana aku mencatat berapa kali aku Tarik tunai dan berapa jumlah uang yg aku ambil, bayar pulsa brp, belanja online berapa, amal berapa, kebutuhan tak terduga brp. Dengan mencatat kita bisa tau kita sudah kebablasan atau belum bulan itu sehingga kita bisa lebih berpikir untuk menggunakan uang dalam hari-hari kedepan di sisa bulan tersebut


3.    3.    Mengira-ngira berapa seharusnya pengeluaran ideal dalam 1 bulan

Nah ini sebenernya penting, untuk membuat standar dalam 1 bulan seharusnya berapa uang yang kita habiskan dengan ideal. Agar kita mempunyai patokan apakah kita ini boros atau hemat. Nah sampai saat ini, aku juga belum mencapai pengeluaran yang ideal yang telah aku buat. Namun, semakin lama, pengeluaranku sudah mulai tertata dan semakin menurun dibandingkan bulan lalu. Mudah-mudahan istiqomah amiiin


4.   4.     Membuat atm khusus tabungan

Sangat penting untuk membuat atm tabungan yang terpisah. Mengapa? Karena kalo tercampur dengan atm untuk kebutuhan sehari-hari maka kita akan semakin gatal dan ingin menghabiskan uang tersebut. Hal ini sering aku rasakan dulu sebelum tabunganku terpisah. Aku merasa di atm masih banyak uang sehingga terus membelanjakan uangku dan kemudian uang tersebut habis dan tidak bisa ditabung.


5.  5.      Sisihkan tabungan pada saat awal gajian

Jangan menyisihkan uang tabungan di akhir bulan, sisihkan di awal bulan. Hal ini tidak berlaku kalo kamu gajian tanggal 25 ya heheh. Ya jadi kalo kita sisihkan sebanyak mungkin di awal bulan, semisal pengeluaran kita berlebih diakhir bulan, maka boleh kita ambil kembali tabungan kita namun dengan tidak dengan berlebihan (aku sering melakukannya). Biasanya aku akan meminjam uang tersebut dan akan mengembalikannya ketika aku sudah gajian.


6.  6.     Menyiapkan emergency fund

Yap, hal ini sangat penting bila kamu akan melakukan investasi. Menurut hematku, apalagi aku sudah pernah terjun ke investasi saham, sangat penting bagi kalian untuk menyiapkan terlebih dahulu emergency fund sebelum akhirnya menginvestasikan uang kalian ke saham, emas, reksadana dll. Karena investasi membutuhkan waktu yang lebih panjang sehingga bila kalian butuh dana secara darurat maka kalian bisa mengambil uang dari emergency fund ini.


7.   7.    Bersedekah

Kadang kalo melihat saldo tabungan kok segini-gini aja, pengen rasanya mengalokasikan sisa gaji untuk ditabung semua, namun kita kadang jadi pelit untuk menyisihkan ke pos ini. Padahal sedekah ini sangat penting. Minimum 2,5% dan bisa hingga 10% atau lebih. Karena bersedekah ini sangat melancarkan rezeki yang kita akan peroleh, selain itu juga menjadi amal kita di akhirat nanti, menghilangkan kesulitan pekerjaan dan banyak lagi keuntungan sedekah.


Oke, sekian dulu tips dari aku, semoga bermanfaat dan akan ada tips-tips lainnya yang akan menyusul. Bye!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates